Selasa, 30 Agustus 2011

sistem artikulasi


BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
Sistem muskuloskeletal merupakan penunjang bentuk tubuh dan bertanggung jawab terhadap pergerakan. Komponen utama system musculoskeletal adalah jaringan ikat. Sistem ini terdiri dari tulang, sendi, otot, tendon, ligament, bursa, dan jaringan-jaringan khusus yang menghubungkan struktur-struktur ini.
System muskuloskeletel meliputi tulang,persendian,otot,tendon,dan bursa.masalah yang berhubungan dengan struktur ini sangat sering terjadi dan mengenai semua kelompok manusia. Masalah system musculoskeletal biasanya tidak mengancam jiwa,namun mempunyai dampak yang bermakna terhadap aktivitas dan produktivitas.
Tulang-tulang dalam tubuh dihubungkan satu sama lain dengan sendi atau artikulasi yang memungkinkan berbagai macam gerakan. Berapapun esarnya gerakan yang mungkin dilakukan, hubungan antara dua tulang atau lebih dinamakan sendi. Ada tiga macam sendi, sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis.
Sendi sinartrosis adalah sendi yang tak dapat digerakkan, misalnya sendi pada tulang tengkorak. Amfiartrosis, seperti sendi pada vertebra dan simfisis pubis, memungkinkan gerakan terbatas. Tulang dipisahkan oleh tulang rawan fibrus. Diartrosis adalah sendi yang mampu digerakkan secara bebas.

B.     TUJUAN
a.   Tujuan Umum
Tujuan umum penulis dalam menyusun makalah ini adalah untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar jurusan keperawatan khususnya pada mata kuliah Keperawatan Sistem Muskuloskeletal tentang system artikuler.

b.  Tujuan Khusus
Tujuan khusus penulis dalam menyusun makalah ini agar mahasiswa mengetahui bagaimana struktur system artikuler, serta fungsi dari system artikuler tersebut.

C.     RUMUSAN MASALAH
·      Bagaimana struktur system persendian?
·      Bagaimana fungsi system persendian?
·      Bagaimana asuhan keperawatan pada masalah-masalah persendian?

D.     METODE PENGUMPULAN DATA
Data ataupun pembahasan dalam makalah ini diperoleh dari beberapa referensi yaitu buku-buku atau sumber bacaan yang relevan serta media-media lain yang mendukung.


















BAB II
PEMBAHASAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar